PROPOSAL



PROPOSAL
USAHA TELUR BEBEK ASIN
Disusun guna memenuhi Tugas Akhir Semester
Mata Kuliah: Pengantar Komputer
Dosen Pengampu: Muhamad Nasim. S.Kom




Disusun Oleh:
Khikmatul Khasanah


Kelas B

Prodi D3 Perbankan Syariah
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
PEKALONGAN
KATA PENGANTAR


Puji dan syukur kami panjatkan kepada Allah SWT karena atas Rahmat dan RidhaNya,kami bisa membuat suatu proposal usaha yang Insya Allah akan bermanfaat bagi kami sebagai pemilik usaha, konsumen .
Kami sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung, memberi saran, dan masukan–masukannya untuk kelancaran pembuatan proposal ini. Khususnya kepada Direktur dari usaha tersebut, yang sangat berperan dalam pengarahan pembuatan proposal usaha ini.


















DAFTAR ISI
Kata Pengantar ...................................................................................................................
Daftar Isi ..............................................................................................................................
BAB I Profil Usaha .............................................................................................................
A.    Latar belakang ....................................................................................................
B.     Tujuan Usaha ......................................................................................................
C.     Jenis Usaha yang di Kelola .................................................................................
BAB II Metode Pelaksanaan .............................................................................................
A.     Lingkungan Usaha .............................................................................................
B.     Rencana Pemasaran.............................................................................................
C.     Produk  ...............................................................................................................
BAB III Aspek Produksi ....................................................................................................
A.    Fasilitas dan Peralatan Produksi..........................................................................
B.     Bahan Baku ........................................................................................................
C.     Proses Pembuatan ...............................................................................................
BAB IV Aspek Keuangan ..................................................................................................
A.    Rencana Produksi ...............................................................................................
B.     Biaya Tetap .........................................................................................................
C.     Biaya Variabel ....................................................................................................
D.    Total Cost ...........................................................................................................
E.     Harga Pokok Penjualan .......................................................................................
F.      Hasil Penjualan ...................................................................................................
G.    Keuntungan ........................................................................................................
BAB V Penutup ..................................................................................................................
A.    Persaingan dan Peluang ......................................................................................
B.     Kesimpulan .........................................................................................................   





BAB I
PROFIL USAHA

A.    LATAR BELAKANG

Telur Asin merupakan salah satu makanan yang berasal dari suatu Daerah yaitu Brebes. Sebagai sentral produksi telur asin, Brebes sebenarnya memiliki sejarah yang tidak dapat dilepaskan dari budaya yang melahirkan ketrampilan membuat makanan seprti telur asin itu sendiri meskipun pembuatannya dilakukan secara sederhana tetapi rasa dan kualitasnya tetap terjaga.
Usaha pembuatan telur asin adalah salah satu jenis industri makanan yang umumnya berskala mikro dan kecil. Perkembangan industri telur asin ini akan mendorong perkembangan peternakan itik akan berdampak kepada peningkatan pendapatan para peternak itik yang umumnya pada masyarakat pedesaan. Industri telur asin juga dapat mengurangi ketergantungan sumber protein
Telur asin merupakan salah satu sumber protein yang mudah didapat dan berharga relatif murah. Telur asin sebagai bahan makanan yang telah diawetkan mempunyai daya tahan terhadap kerusakan yang lebih tinggi dibanding dengan telur mentah. Telur umumnya mengandung protein, lemak, mineral dan vitamin

B.     Tujuan Usaha

Tujuan didirikannya usaha produksi ini adalah:
1.      Membuat makanan yang mudah dijangkau dengan zat gizi yang baik
2.      Memberikan peluang kerja bagi para karyawan
3.      Untuk mengembangkan kemampuan berbisnis disekitar masyarakat
4.      Menjadi bagian pemicu ekonomi Indonesia dibidang ekonomi kreatif.


C.     Jenis Usaha yang di Kelola

Untuk saat ini kami masih bergerak mengelola Telur Bebek Asin saja, dikarenakan modal yang kami miliki belum dapat membuat/ memproduksi usaha yang lainnya. Mungkin dengan berjalannya usaha Telur Bebek Asin yang kami produksi ini kelak akan berkembang lebih baik dan kami dapat memproduksi makanan yang lainnya.




BAB II
METODE PELAKSANAAN


A.    Lingkungan Usaha

Kegiatan usaha ini kami lakukan di sepetak tanah yang tidak terlalu luas kami buat seperti pabrik tetapi untuk dinamakan pabrik masih terlalu kecil dan sangat sederhana, namun kami membangunnya dengan penuh kesemangatan dan kelak akan memperluas lokasi pembuatan Telur Bebek Asin ini apabila usaha kami ini semakin berkembang. Amin. Bidang usaha di bidang makanan ini memiliki peluang yang menjanjikan, karena makanan merupakan kebutuhan primer manusia, ditambah telur merupakan protein yang dibutuhkan juga bagi manusia dan harganya lebih mudah dijangkau.

B.     Rencana Pemasaran

Segmen pemasaran makanan ini cukup mudah, sangat potensial. Kami mengirim Telur Bebek Asin ini di setiap toko yang ingin menerimanya. Dan kami melakukan penawaran disetiap toko yang kiranya baik untuk kita kirim telur asin tersebut.

C.     Produk

Produk yang ditawarkan menjadi kebutuhan dasar, yaitu berupa makanan yang bertekstur gurih dan juga mengenyangkan dengan rasa yang sedikit asin seperti namnya  telur asin dan juga enak di makan dan baik untuk kesehatan badan.
















BAB III
ASPEK PRODUKSI

A.   Fasilitas dan Peralatan Produksi

Dalam kegiatan usaha ini kami faasilitas, yaitu sebagai berikut:
NO
Peralatan
Jumlah
Harga
1.
Ember Plastik
2
Rp.     30.000
2.
Panci atau Kuali
2
Rp.     60.000
3.
Kompor Gas
1
Rp.   250.000
4.
Pemanggang/Oven
1
Rp.   250.000
5.
Alat Penyimpan Telur
2
Rp.   350.000
Jumlah
Rp.   940.000


B.     Bahan Baku


Bahan Baku yang kami gunakan yaitu meliputi:
NO
Bahan
Jumlah
Harga
1.
Telur Bebek yang bermutu baik
500 Butir
Rp.400.000
2.
Abu gosok/ abu bubuk batu bata merah
5 Kg
Rp.  25.000
3.
Garam dapur
6 Kg
Rp.  10.000
4.
Larutan daun teh
200 G teh
Rp.  25.000
5.
Air Bersih

Rp.  45.000
Jumlah
Rp.505.000
         





C.    Proses Pembuatan

Proses pembuatan telur asin yaitu sebagai berikut:
1)      Pilih telur bebek yang baik (tidak retak atau busuk)
2)      Bersihkan telur dengan cara mencuci atau dilap dengan air hangat kemudian keringkan.
3)      Amplas seluruh permukaan telur agar pori-porinya terbuka.
4)      Buat adonan pengasin yang terdiri dari campuran abu gosok dan garam dengan perbandingan sama. Dapat juga digunakan adonan yang terdiri dari campuran bubuk bata merah dengan garam.
5)      Tambahkan sedikit air ke dalam adonan kemudian aduk sampai adonan berbentuk pasta.
6)      Bungkus telur dengan adonan satu persatu secara merata sekeliling permukaan telur.
7)      Simpan telur dalam kuali tanah atau ember plastik selama 15-20 hari. Usahakan agar telur tidak pecah, simpan ditempat bersih dan terbuka.
8)      Setelah selesai bersihkan telur dari adonan kemudian rendam dalam larutan teh selama 8 hari


BAB IV
ASPEK KEUANGAN

A.   Rencana Produksi
No
Jenis Produk
Jumlah Produk
1.
Telur Asin Rebus
600
2
Telur Asin Panggang/Oven
600



B.   Biaya Tetap

1.     Peralatan               =Rp.      940.000

C.   Biaya Variabel

1.     Bahan Baku          =Rp.     505.000
2.     Biaya Overhead:
-         Transportasi     =Rp.       45.000
-         Air Minum      =Rp.       20.000
-          Lain-lain          =Rp.       45.000
Jumlah           =Rp.    110.000
                                                                        =Rp. 1.555.000

D.    Total Cost

Jumlah                       =Rp. 1.555.000                      

E.     Harga Pokok Penjualan

Harga telur asin ditetapkan sebesar Rp. 2000; untuk telur asin rebus dan Rp. 2500 untuk telur asin panggang/oven.

F.     Hasil Penjualan

Hasil penjualan telur asin sebanyak 600 butir adalah:

-300 untuk telur asin rebus =Rp. 2.000 x 300 = Rp.600.000

- 300 untuk telur asin panggang/oven = Rp. 2.500 x 300 =Rp. 750.000

  Jumlah                                                                       = Rp. 1.350.000 x 2produksi

                                                                                    =Rp.  2.700.000
     G.   Keuntungan
Keuntungan yang dapat diperoleh dari hasil penjualan telur asin adalah sebagai berikut:
Keuntungan = Hasil penjualan – Biaya Akhir
                     = Rp.2.700.000 – Rp. 1.555.000
                     = Rp. 1.145.000



BAB V
PENUTUP
      A.    PERSAINGAN DAN PELUANG


Usaha yang harus dilakukan adalah menjaga mutu sehingga pelanggan puas dan tidak dan tidak pindah ke pengusaha lain. Persaingan yang mungkin akan terjadi adalah persaingan untuk mendapatkan bahan baku yang murah, dimana petani bebek petelur dapat saja memilih untuk menetaskan telur dibandingkan menjual telur tawar kepada produsen telur asin.
Perluasan pasar dilakukan dengan pencarian pelanggan baru. Untuk mencapai tujuan ini akan memperkerjakan beberapa orang agen pemasaran. . Telur asin yang memiliki rasa lezat umumnya memiliki keunggulan pemasaran yang jauh lebih baik dibandingkan dengan telur asin dengan rasa biasa. Faktor rasa bagi pembeli menjadi hal yang sangat penting, oleh karena itu harus mampu memproduksi telur asin dengan rasa yang lezat agar dapat melakukan penjualan maksimal.
   
B.     KESIMPULAN
Demikian proposal usaha pembuatan makanan ini kami buat, adapun tujun proposal ini yaitu untuk memperkenalkan lebih detail tentang produk kami dan mengundang investor untuk bekerja sama untuk membangun makanan telur asin ini agar lebih baik berikutnya.
Isi dari proposal ini yaitu pengenalan produk, rincian biaya yang dibutuhkan untuk berproduksi. Semoga apa yang termuat dalam proposal ini dapat dimengerti dengan mudah dan calon investor tertarik untuk bergabung dengan usaha ini  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar